(Indonesia) Tips Membangun Kebiasaan Menulis

Sorry, this entry is only available in Indonesia.

Hampir semua orang di dunia ini pasti pernah menulis. Apapun yang ditulis entah itu saat belajar di sekolah, menulis buku harian, menulis berita bahkan menulis karya tulis. Terkadang sebagian orang menganggap menulis itu hal yang sulit. Akan tetapi, membiasakan menulis bisa membantu menajamkan memori kita dalam mengikat. Nah, berikut ini adalah tips bagaimana membangun kebiasaan menulis :

  1. Menentukan tujuan menulis, apakah Sobat Pustaka ingin menulis sebagai hobi, meningkatkan kemampuan menulis atau menulis untuk mempublikasikan karya. Mengetahui tujuan akan membantu Sobat Pustaka fokus dan termotivasi.
  2. Membuat jadwal menulis yang teratur. Mencari waktu yang nyaman bagi Sobat Pustaka untuk menulis, dan tempuh sebagai kebiasaan rutin.
  3. Menemukan tempat yang nyaman untuk menulis. Ini bisa menjadi ruangan khusus atau bahkan kedai kopi yang memiliki suasana yang santai.
  4. Memulai dengan menulis sesuatu yang kecil, jangan terlalu membebani diri dengan mencoba menulis sesuatu yang besar dari awal. Memulai dengan menulis beberapa paragraf kecil setiap hari, lalu tingkatkan jumlahnya secara bertahap.
  5. Jangan terlalu memperhatikan penampilan tulisan Sobat Pustaka. Fokuslah pada menyampaikan pesan Sobat Pustaka dengan jelas, dan jangan ragu untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil setelah Sobat Pustaka selesai menulis.
  6. Temukan orang lain yang juga suka menulis. Bertukar pikiran dan ide dengan orang lain dapat memotivasi Sobat Pustaka untuk terus menulis.
  7. Jangan menyerah jika Sobat Pustaka mengalami kesulitan. Menulis itu sulit, terutama jika Sobat Pustaka baru memulainya. Jangan ragu untuk meminta bantuan atau saran dari orang lain jika Sobat Pustaka merasa kesulitan.

Bagaimana Sobat Pustaka setelah membaca artikel diatas, apakah Sobat Pustaka sudah tertarik untuk menulis? Mulai dari sekarang ya.