(Indonesia) Workshop Pemanfaatan AI Tools dengan Referensi dari Scopus dan WOS

Sorry, this entry is only available in Indonesia.

Tanggal 26 April 2024, Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB) mengadakan pelatihan yang sangat berguna bagi mahasiswa S2, S3, dan dosen dalam penulisan karya ilmiah. Pelatihan ini berfokus pada pemanfaatan AI Tools dengan referensi dari Scopus dan WOS. Acara ini dilaksanakan di Ruang Pertemuan 1 Perpustakaan UB mulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB.

Pada pelatihan ini, para peserta diajarkan tentang cara efektif menggunakan alat-alat kecerdasan buatan (AI) dalam mendukung penulisan karya ilmiah, dengan fokus khusus pada referensi dari Scopus dan WOS. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penulisan ilmiah serta memperluas pengetahuan tentang penggunaan teknologi terkini dalam kegiatan penelitian.

Pemateri yang ahli dalam bidangnya dipercayakan untuk memberikan wawasan yang mendalam kepada peserta. Pitoyo Widhi Atmoko, S.Si,. M.Si, sebagai salah satu pemateri, membahas tentang penggunaan AI Tools dengan penekanan pada penggunaan referensi dari Scopus. Sementara itu, Ir. Heri Prayitno memberikan pandangan yang luas tentang pemanfaatan AI Tools dengan referensi dari WOS.

Acara ini diselenggarakan dengan lancar dan mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para peserta. MC Cuikitalia SE., MM, dengan energinya yang khas, mengarahkan jalannya acara dengan baik, menjaga suasana tetap hidup dan interaktif.

Menurut Ir. Heri Prayitno, salah satu pemateri dalam acara tersebut, “Pemanfaatan AI tools seperti ini dapat mempercepat proses penelitian dan membantu peneliti dalam menemukan sumber-sumber informasi yang berkualitas. Dengan pemahaman yang baik tentang cara menggunakan alat-alat ini, peneliti dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas penelitian mereka.”

Pelatihan Pemanfaatan AI Tools untuk Penulisan Karya Ilmiah dengan referensi dari Scopus dan WOS diharapkan menjadi langkah awal yang positif dalam memanfaatkan teknologi terkini dalam dunia penelitian dan akademik.

Acara ini mendapatkan tanggapan positif dari para peserta, yang menganggap pelatihan ini sangat berguna dalam meningkatkan keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi untuk mendukung penulisan karya ilmiah. Perpustakaan UB berkomitmen untuk terus menyelenggarakan acara-acara seperti ini guna mendukung pengembangan akademik dan penelitian di lingkungan kampus.