(Indonesia) Rencana Pembuatan UB Press Corner di UPT Perpustakaan UB

Sorry, this entry is only available in Indonesia. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Pada tanggal 26 September 2022, Perpustakaan UPT Universitas Brawijaya mengundang UB Press untuk membicarakan rencana kerjasama. Pertemuan ini diadakan di Ruang Pertemuan 1, Gedung UPT Perpustakaan UB. Rombongan UB Press dipimpin oleh Kepala Pusat Penerbitan Bapak Dr. Sony Sukmawan M.Pd beserta empat staffnya. Adapun yang dibicarakan dalam pertemuan ini adalah rencana pembuatan UB Press Corner di UPT Perpustakaan UB. Nantinya UB Press Corner akan menampilkan buku-buku terbitan UB Press di salah satu bagian atau ruangan yang ada di gedung Perpustakaan UB.

FYI, UB Press penerbitan intern milik Universitas Brawijaya. UB Press didirikan dalam rangka meningkatkan budaya menulis di lingkungan UB. Melalui Surat Keputusan Rektor Nomor 038/SK/2009 maka dibentuk Universitas Brawijaya Press (UB Press) dengan fokus utama pada penerbitan buku konvensional, e-book, dan sitasi. Universitas Brawijaya mempunyai aset yang cukup mendukung untuk menyukseskan budaya menulis demi kemajuan bangsa. Ada banyak dosen yang sebenarnya mempunyai potensi menulis namun belum terpublikasikan dengan baik. Untuk itu, UB Press hadir di tengah-tengah kehidupan kampus untuk memfasilitasi seluruh sivitas akademika, baik yang sudah mempunyai atau belum mempunyai kemampuan menulis. UB Press diharapkan mampu meningkatkan budaya menulis dan mampu menyebarluaskan kepada khalayak ramai.

Dengan adanya UB Press Corner nanti, diharapkan para pengunjung UPT Perpustakaan UB bisa mengetahui buku-buku terbitan UB Press yang pastinya akan bermanfaat dalam perkuliahan mereka. Selain buku tercetak nanti juga akan ditampilkan juga buku digital terbitan UB Press. Untuk buku digital, UB Press bekerjasama dengan pihak luar yaitu Google Books dan Kubuku.

“Selain UB Press Corner, Perpustakaan UB juga bisa membuat kegiatan atau program penerbitan buku tentang puisi dan lain-lain yang nanti akan diterbitkan oleh UB Press,” demikian dituturkan oleh Dr. Sony Sukmawan M.Pd.

Setelah melakukan diskusi, Kepala Perpustakaan UB mengajak rombongan UB Press untuk meninjau lokasi yang akan dijadikan UB Press Corner. Alternatif pertama adalah bagian yang bersebelahan dengan ruangan Kepala Perpustakaan UB yang selama ini dipergunakan sebagai ruang tunggu bagi yang akan menemui Kepala Perpustakaan UB. Alternatif kedua adalah di salah satu bagian yanga ada di Ruang Multimedia. Kemudian dilanjutkan dengan alternatif ketiga yang berada di lantai 2, tepatnya di bagian ujung tangga yang masih tersedia sedikit space sebagai tempat display buku. Dan alternatif terakhir di depan bagian Front Office sebelah kiri pintu masuk.

 

Penentuan lokasi UB Press Corner diserahkan kepada pihak UB Press, Perpustakaan UB hanya memberikan alternatif dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangannya. Nah kalau menurut Sobat Pustaka, dimana lokasi UB Press Corner yang paling ideal?

 

Do you need help ? Chat with our librarian
%d bloggers like this: