(Indonesia) Uji Coba Integrasi Layanan Sirkulasi UPT Perpustakaan Pusat Dengan Ruang Baca Fakultas

Sorry, this entry is only available in Indonesia. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Perpustakakaan Universitas Brawijaya merupakan perpustakaan perguruan tinggi yang mempunyai peran  penting dalam mendukung proses belajar mengajar, hal ini telah tertuang dalam Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 pasal 20 ayat 2 yaitu, perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui perpustakaan. Perpustakaan UB senantiasa meningkatkan layanannya seiring dengan progam universitas brawijaya dalam upaya untuk menggapai lulusan yang bereputasi internasional.

Kegiatan pelayanan merupakan kegiatan yang sangat menentukan baik buruknya citra perpustakaan karena secara langsung berhubungan dengan pengguna yang merupakan sivitas akademika. Layanan perpustakaan yang diberikan haruslah dapat meminimalisasi ketidak nyamanan dan dapat meningkatkan kepuasan pengguna dalam pemanfaatan perpustakaan. Dalam rangka untuk menunjang kemudahan akses koleksi maka salah satu layanan yang saat ini sedang dikembangkan oleh Perpustakaan UB adalah program layanan integrasi dengan ruang baca Fakultas di lingkungan Universitas Brawijaya dimana pengguna dapat mengakses informasi yang ada di fakultas maupun di perpustakaan pusat, sehingga lokasi bukan merupakan kendala untuk mendapatkan informasi. Kegiatan integrasi ruang baca ini merupakan kontrak kinerja Perpustakaan dengan Rektor sehingga perlu dilaksanakan dengan baik sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Program integrasi ruang baca sudah berjalan dan beberapa ruang baca sudah memulai melalukan integrasi dengan system inlislite3 program layanan perpustakaan UB. Selain itu ruang baca fakultas juga mendesain ruang dan menata ulang koleksi-koleksi mereka. Akan tetapi dalam mencapai target kegiatan integrasi ruang baca fakultas ini tentunya masih banyak kendala yang dihadapi terutama pada kompetensi SDM pada ruang baca yang mayoritas tidak berlatar belakang ilmu Perpustakaan. Sehingga Perpustakaan UB mengambil alih peran petugas ruang baca untuk membantu mengolah koleksi yang ada dan dimiliki oleh ruang baca untuk dapat diakses pemustaka yang dilakukan secara bertahap.

 

Ruang Baca Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP)  dianggap sudah siap melakukan integrasi layanan perpustakaan dengan menggunakan system program Inslistliet3. Sehingga pada tanggal 30 September 2022 Pustakawan Perpustakaan UB melakukan kunjungan ke Ruang Baca Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) untuk melakukan Uji Coba dalam menggunakan layanan sirkulasi (layanan peminjaman dan pengembalian) dengan system Inlislite3. Melihat kondisi ruang baca FISIP yang sudah siap, baik dari koleksi maupun sarana dan prasarana maka Perpustakaan Pusat UB akan melakukan Uji Coba penerapan layanan Sirkulasi terlebih dahulu. Setelah uji coba berjalan maka pihak Perpustakaan Pusat UB akan melakukan observasi untuk melihat apakah integrasi ruang baca bisa berjalan dengan baik dan siap untuk diterapkan diseluruh Ruang Baca Fakultas.

 

Do you need help ? Chat with our librarian
%d bloggers like this: