Penandatangan Perpanjangan PKS UPT Perpustakaan UB dan BSN

Pada tanggal 12 Mei 20222 Perpustakaan UB melakukan penandatanganan perpanjangan Perjanjian Kerja Sama tentang Penyebarluasan Informasi melalui SNI Corner dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN). Acara ini diadakan di Gedung Perpustakaan UB, Ruang Pertemuan 1 Lantai 1. Perjanjian Kerja Sama ditandatangani oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri dan Kepala UPT perpustakaan Universitas Brawijaya, Dr. Iwan Permadi, S.H., M.Hum.

Selain penandatangan perpanjangan PKS, juga diadakan Sosialisasi Pemberdayaan SNI Corner UB dalam Mendukung Tridharma dan Peningkatan Daya Saing Nasional. Untuk itulah Perpustakaan UB mengadakan acara ini secara hybrid dengan mengundang para petugas Ruang Baca yang ada di fakultas serta menyiarkannnya via zoom.

“BSN memiliki beberapa kerjasama internasional dan standar internasional tersebut dapat diadopsi dengan mengikuti prosedur standar internasional. Standardisasi dan sertifikasi memiliki beberapa manfaat, yaitu: menjamin posisi UKM menjadi lebih aman dan keselamatan lebih terjamin dan standar ini digunakan serta diterapkan di dalam negeri dan di luar negeri dan dinotifikasikan ke WTO dikala SNI itu diwajibkan, “ demikian dituturkan oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri.

Adapun materi kedua tentang Standar Sebagai Referensi dalam Pendidikan & Bisnis disampaikan oleh Koordinator Substansi Layanan Informasi dan Perpustakaan BSN, Minanuddin. Beliau menyatakan bahwa seluruh civitas akademis termasuk pustawakan perlu memiliki pengetahuan tentang standar sehingga perlu dijadikan sebagai kompetensi. Saat ini BSN memiliki koleksi standar dan referensi SPK sebanyak 61.454 judul. Selaian itu juga BSN sudah menjalin kerjasama baik dengan Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah dalam hal penyelenggaran SNI Corner sebanyak 32 buah.

Seiring dengan era serba digital maka SNI Corner saat ini juga hadir dalam bentuk aplikasi terbaru yaitu portal SNI Corner dimana aplikasi tersebut merupakan kumpulan atau rangkuman dari berbagai sumber informasi dan layanan yang ada di BSN.

Sebagai tindak lanjut dari materi sebelumnya maka pada materi terakhir diberikan materi tentang cara penggunaan aplikasi SNI Corner yang terbaru oleh Analis Kemasan BSN, Indra Saefuddin.

“Aplikasi terbaru ini merupakan pembaharuan aplikasi yang lama dengan tampilan yang lebih menarik dan lebih mudah digunakan sehingga masyarakat bisa lebih maksimal dalam memanfaatkan SNI Corner,” ujar Indra Saefuddin dalam pemaparannya.

Melalui Kerja Sama SNI Corner ini diharapkan UPT Perpustakaan Universitas Brawijaya bisa lebih mudah dalam menghimpun, memilih, mengolah, merawat, menyediakan data-data informasi tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian.

 

Do you need help ? Chat with our librarian
%d bloggers like this: