Pendaftaran Sukarelawan Literasi

Literasi informasi merupakan kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi masalah, mengetahui informasi yang dibutuhkan, menentukan, mengevaluasi serta menggunakan informasi yang tepat secara efektif. Kemampuan literasi informasi sangat penting dikarenakan kemajuan teknologi yang semakin berkembang.

Dalam dunia kepustakawanan, literasi informasi merupakan  tanggung jawab pustakawan untuk memberikan kepada pengguna perpustakaan, ketrampilan dalam menggunakan sumber-sumber informasi seperti jurnal, indeks, abstrak, bibliografi, direktori dan sebagainya, baik dalam bentuk cetak maupun non cetak (bentuk elektroniknya).

Pustakawan Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB) sangat minim dan tidak sesuai dengan SNP (Standart Nasional Perpustakaan), dimana setiap tambahan 2000 mahasiswa ditambahkan 1 pustakawan. Sedangkan mahasiswa UB kurang lebih berjumlah 60.000 mahasiswa dan pustakawan Perpustakaan UB saat ini berjumlah 15 orang.

Untuk itu perpustakaan UB menginisiasi kepada mahasiswa untuk membentuk UKM Literasi dengan tujuan untuk mengenalkan kepada pemustaka tentang aktifitas dan fasilitas serta jenis layanan yang dimiliki oleh Perpustakaan UB, agar informasi tersebut dengan cepat dapat tersampaikan kepada pemustaka khususnya pemustaka di lingkungan civitas akademika Universitas Brawijaya.

UKM Literasi merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang di dalamnya terdapat berbagai kegiatan literasi, membekali dan mengasah keterampilan dalam berliterasi  serta mencari tahu perkembangan terkini dalam bidang literasi. UKM Literasi juga dapat difungsikan sebagai ajang promosi bagi perpustakaan UB khususnya dan juga pihak-pihak yang terkait yang membutuhkan UKM Literasi tersebut.

Dalam rangka inisiasi UKM Literasi ini, Perpustakaan UB mengundang para mahasiswa UB untuk bergabung menjadi Sukarelawan Literasi, yang mana memiliki tujuannya adalah sebagai berikut:

  1. Membantu mengenalkan kepada pemustaka tentang aktifitas dan fasilitas yang dimiliki oleh Perpustakaan UB.
  2. Membantu percepatan penyampaian informasi kepada pemustaka.
  3. Membantu Perpustakaan UB untuk mencari tahu perkembangan terkini dalam bidang literasi.
  4. Membantu kegiatan yang berkaitan dengan kepustakawanan (Library Tour, penataan buku dan layanan perpustakaan).
  5. Membudayakan jiwa sukarelawan mahasiswa.

 

Bagi Anda yang berminat menjadi Sukarelawan Literasi silakan mengisi google form Sukarelawan Literasi. Pendaftaran dibuka sampai tanggal 11 September 2019. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi contact person: Suprihatin (081233181817) dan  Pratiwi (085648829509).