BiAs 1: Apa sih Jurusan Ilmu Perpustakaan Itu?

Perpustakaan UB memiliki program baru yang dimulai pada Bulan Februari 2022 yaitu   yang bertajuk : BiAs Pustakawan UB (Bincang Asyik bareng Pustakawan UB. Dalam program ini Pustakawan UB akan membahas berbagai topik seputar dunia kepustakawanan dan buku yang ditayangkan secara langsung pada Instgram UB Library.

Pada program BiAs yang pertama yang diselenggarakan via IG Live pada 9 Februari 2022 pukul 11.00-12.00, membahas tentang Jurusan Ilmu Perpustakaan. Narasumber pada kegiatan tersebut adalah Muhammad Rosyihan Hendrawan, S.IP., M.Hum, dosen Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB. Narsumber kedua adalah Kurniasih Yuni Pratiwi, S.Sos., MA, pustakawan Universitas Brawijaya. Dimana Jumlah peserta yang mengikuti  acara tersebut mencapai 33 orang.

Ada beberapa pokok pembahasan terkait Ilmu Perpustaaan yang dibahas pada acara tersebut yaitu definisi atau pengertian dari Jurusan/Prodi Ilmu Perpustakaan itu sendiri, hal-hal atau mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Ilmu Perpustakaan, serunya belajar Ilmu Perpustakaan, pentingnya belajar Ilmu Perpustakaan, universitas apa saja yang ada jurusan ilmu perpustakakaannya, pjurusan ilmu perpustakaan di era digital dan peluang kerja lulusan jurusan Ilmu Perpustakaan.

Intinya Jurusan Ilmu Perpustakaan masih sangat diperlukan di masa digital seperti saat ini seperti yang disampaikan oleh Bapak Hendrawan bahwa Pustakawan di era digital tetap dibutuhkan oleh semua instansi, karena pustakawan bisa memberikan informasi dan pengetahuan yang terjamin kebenarannya. Misalnya informasi di google belum tentu semuanya benar, tugas pustakawanlah yang harusnya menyaring informasinya. Dan fungsi perpustakaan sudah bergeser dari hanya tempat menyimpan buku, namun menjadi tempat pengelola informasi. Jadi jurusan ilmu perpustakaan masih tetap dibutuhkan karena konsep perpustakaan saat ini sudah mengarah ke perpustakaan digital/Digital Library

Semoga dengan pembahasan tersebut, banyak calon calon mahasiswa yang tertarik untuk belajar ilmu perpustakaan dan lebih meningkatkan citra pustakawan di mata masyarakat luas

Do you need help ? Chat with our librarian
%d bloggers like this: