Keunggulan E-Journal ProQuest

ProQuest adalah agregator database, keunggulan utamanya dari database yg lain yaitu pada tingkat biasnya, sebagai contoh bila kita sedang mencari suatu keyword, akan langsung didapatkan pada halaman pertama dari hasil pencarian, sedangkan kalau pada database lain tingkat bias nya besar, jadi bila kita mencari suatu keyword akan ada pada halaman berikut2nya dari bias apa yg dicari. Contoh bias: keyword pohon pisang akan ditemukan pada halaman pertama adalah pisang goreng.

Kelebihan lain yang dimiliki ProQuest adalah memiliki lebih banyak academic journal dan current article. Kualitas translate lebih bagus hasilnya dibanding tempat lain yang hasil translate nya relatif sama seperti google translate.

Bila kita minat terhadap suatu subyek tertentu dan tidak memiliki banyak waktu untuk berselancar di internet maka subyek tersebut dapat disimpan secara otomatis ke email pribadi dengan kurun waktu mulai dari 1 hari sampai dengan waktu terlama adalah 1 tahun.

Cara downloadnya juga mudah, tidak jauh berbeda dengan database-database lain.

Ejournal ProQuest  yang dilanggan Universitas Brawijaya meliputi :

 

  1. ProQuest Research Library
  2. ABI/Inform Global
  3. Health and Medical Collection

 

ProQuest Research Library

Merupakan database jurnal elektronik yang berisikan berbagai bidang multidisiplin ilmu diantaranya : Sosial Politik, Bahasa, Hukum, Teknik, Agama, Ekonomi, Komunikasi, Administrasi, Komputer, Kependidikan, Pemerintahan, MIPA, Pertanian, Peternakan, Budaya, Perikanan, Kelautan dll. Tediri dari Tediri dari 7.119 judul publikasi, 5.445 judul diantaranya tersedia dalam bentuk full text/image.

ABI/Inform Global

Merupakan database di bidang ekonomi dan bisnis yang juga meliputi akuntansi, pemasaran, sumber daya manusia, keuangan, manajemen umum, teori ekonomi, ekonomi pembangunan, demographi, psikologi, komunikasi dan sebagainya.

  • Mencakup 41.000 lebih judul Disertasi untuk bidang Ekonomi dan Bisnis yang seluruhnya tersedia dalam bentuk Full Record (tersedia seluruh isi disertasi, dari halaman pertama sampai dengan halaman terakhir). Koleksi Disertasi ini hanya tersedia dalam Database ProQuest.

  • Tersedia akses ke 5.200 business cases dari penerbit utama seperti : Ivey, Thunderbird, Idea Group, Darden.

  • Tersedia 4.790 judul publikasi, diantaranya sebanyak 3.598 judul tersedia dalam bentuk image/full text.

Health and Medical Collection

Database untuk bidang kedokteran, mencakup berbagai bidang konsentrasi ilmu Kedokteran, Kesehatan Masyakarat, Farmasi. ProQuest Health and Medical Complete terdiri lebih dari 4.500 publikasi dengan lebih dari 3.810 judul tersedia dalam teks lengkap. Selain itu, database mencakup semua grafik, diagram, grafik, tabel, foto, dan elemen grafis lain penting untuk penelitian medis. Judul-judul jurnal diantaranya: The New England Journal of Medicine • The Lancet • Annals of Internal Medicine • Journals of Clinical Investigation • Gout • Diabetes • Chest • Heart •

Materi ini telah disampaikan dalam pelatihan literasi informasi dan praktek yang dilaksanakan secara rutin oleh Perpustakaan UB.

Semoga informasi ini bermanfaat dapat mendukung kelancaran dan penyelesaian penelitian civitas akademika Universitas Brawijaya. (WP)

Do you need help ? Chat with our librarian
%d bloggers like this: