Layanan Perpustakaan Universitas Brawijaya di Masa Pandemi

Layanan Perpustakaan Universitas Brawijaya di Masa Pandemi

Sejak Bulan Maret 2020 sampai 10 Oktober 2021, Perpustakaan Universitas Brawijaya menutup layanannya secara fisik dan memaksimalkan layanan online. Keputusan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Rektor No. 2844/UN10/TU/2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Desease (COVID-19) di Lingkungan Universitas Brawijaya. Perpustakaan Universitas Brawijaya menghentikan layanan dan hanya membuka layanan online mulai tanggal 18 Maret sampai dengan 31 Maret 2020. Surat Edaran tersebut selalu diperbaharui hingga sampai meredanya kasus covid-19 di lingkungan Sivitas Akademika Universitas Brawijaya. Adapun layanan Online yang dilayankan adalah: layanan bebas pustaka, layanan serah simpan, layanan e-resource. Sedangkan untuk layanan semi online yang dilayankan adalah layanan peminjaman dan layanan pengembalian buku. Dikatakan semi online, karena pemustaka harus datang untuk mengembalikan buku bagi yang dalam kota dan mengirimkan buku yang dipinjam bagi yang luar kota. Untuk peminjaman buku, pemustaka memesan dulu buku yang akan dipinjam dan harus datang mengambil buku kalau buku sudah tersedia. Semua layanan tersebut ada didaftar layanan yang tercantum di website perpustakaan UB yaitu di lib.ub.ac.id. Untuk peminjaman buku selama pandemi tidak dikenakan sangsi denda keterlambatan.

Pada tanggal 11 Oktober 2021, perpustakaan UB membuka layanan secara fisik, akan tetapi masih terbatas untuk 100 pemustaka di lingkungan civitas akademika UB dan pemustaka wajib memenuhi protokol kesehatan yaitu cuci tangan, cek suhu, pakai masker dan tidak berkerumun di dalam ruangan. Pembukaan secara fisik tersebut disambut antusias oleh Pemustaka. Ini  terbukti setiap bulan pengunjung bertambah. Pengunjung di bulan Januari 2022 mencapai 350 orang. Untuk layanan peminjaman dan pengembalian dapat dilakukan secara offline, namun untuk layanan bebas pustaka dan serah simpan TA masih tetap dilakukan secara online.

Pada tanggal 14 Februari 2022, kembali perpustakaan UB menutup layanan secara fisik dikarenakan varian baru covid-19 muncul kembali yaitu varian Omicron. Sesuai Surat Edaran Rektor no 2151/UN10/TU/2022 tentang Perkuliahan Semester Genap Tahun Akedemik 2021/2022 dan Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai, yang salah satunya adalah perkuliahan yang full daring, dan diberlakukannya WFH dan WFO bagi pegawai. Untuk itu perpustakaan dihimbau untuk ditutup sementara sampai pemberitahuan lebih lanjut. Layanan perpustakaan dialihkan ke layanan online. Khusus untuk pengembalian dapat dilakukan secara offline. Dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Datang ke perpustakaan dengan protokol kesehatan
  2. Menemui petugas
  3. Menyerahkan buku
  4. Petugas memproses buku yang dikembalikan
  5. Petugas menyerahkan struk bukti pengembalian (apabila tidak ada denda)
  6. Apabila ada denda, Pemustaka membayar dahulu ke no rekening yang tersedia
  7. Pemustaka menyerahkan bukti pembayaran denda ke petugas
  8. Petugas menyerahkan struk bukti pengembalian
  9. Pada masa pandemi denda keterlambatan buku ditiadakan, masa pinjam secara otomatis akan diperpanjang oleh sistem.

Bagi mahasiswa yang berada di luar kota Malang, bisa mengembalikan buku via jasa pengiriman. Namun sebelumnya harus konfirmasi dahulu kepada petugas di WA: 081132283988.

Untuk layanan online seperti bebas pustaka dan serah simpan serta pemanfaatan e-resources masih tetap berjalan seperti biasa dengan membuka website perpustakaan UB lib.ub.ac.id di daftar layanan. Peminjaman online sementara belum diberlakukan, karena pengambilan buku masih harus tetap offline yaitu harus datang ke perpustakaan. Sedangkan pada masa pandemi ini masih harus mengurangi kontak langsung dengan pemustaka. Semoga pandemi segera berakhir, sehingga perpustakaan dapat dibuka kembali secara offline dan dapat dimanfaatkan oleh pemustaka semaksimal mungkin.

 

Do you need help ? Chat with our librarian
%d bloggers like this: