Selayang Pandang Ruang Baca PSDKU UB Kediri

Hai Sobat Pustaka! Kalian sudah pada tahu belum kalau Universitas Brawijaya mempunyai kampus di luar kampus utama lho. Tepatnya ada di Kota Kediri Jawa Timur. Kalau ada pepatah “Tak Kenal Maka Tak Sayang” itu benar adanya. Maka dari itu mari kita kenali profil Ruang Baca UB Kampus Kediri atau yang sekarang dikenal dengan nama PSDKU (Program Studi Di Luar Kampus Utama) UB Kediri.

 

Bak menaiki anak tangga, Ruang Baca PSDKU UB Kediri mengawali kiprahnya dari satu ruangan kecil di gedung UPD (Universitas Pawiyatan Daha). Seiring berjalannya waktu, kami pun pindah ke gedung BKD (Badan Kepegawaian Daerah). Sampai akhirnya kami mempunyai gedung perkuliahan sendiri lantai 3 di daerah Mrican. Ruang Baca PSDKU UB Kediri sempat bertempat di lantai 3 dan akhirnya harus pindah ke lantai 1 karena ruangan kami waktu itu terkena bencana alam hujan angin yang menyebabkan plafon ruangan ruang baca ambrol. Meski sempat berpindah-pindah tempat tapi tak menyurutkan semangat kami, petugas ruang baca, untuk selalu re-shelving atau menata ulang koleksi sesuai dengan aturan yang berlaku dan mengelola ruang baca ini dengan sebaik-baiknya dengan tujuan untuk memudahkan temu kembali (retrieval information).

Meskipun prodi yang ada di PSDKU UB Kediri ini masih ada 5 yaitu Budidaya Perairan, Agrobisnis Perikanan, Agroekoteknologi Pertanian, Agribisnis Pertanian dan Peternakan, namun demikian bahan pustaka yang ada di ruang baca PSDKU UB Kediri ini tidak hanya terikat prodi tersebut saja.  Bahan pustaka yang tersedia di ruang baca kami sangat beragam. Mulai textbook, modul, skripsi, laporan magang dan lain-lain. Buku teks yang ada pun juga beraneka ragam disiplin ilmunya. Ada buku teks tentang komputer, informasi dan referensi umum dengan kode 000, filsafat dan psikologi dengan kode 100, agama dengan kode 200, ilmu sodial dengan kode 300, bahasa dengan kode 400, sains dan matematika dengan kode 500, teknologi dengan kode 600, kesenian dan rekreasi dengan kode 700, sastra dengan kode 800, dan buku teks sejarah dan geografi dengan kode 900 pun juga ada. Penataan bahan pustaka pun kami susun berdasarkan kode DDC istilah perpustakaannya adalah shelving, sehingga akan memudahkan pemustaka menemukan referensi yang mereka inginkan.

 

 

Walaupun Ruang Baca PSDKU UB Kediri jauh dari Perpustakaan Pusat UB Malang,  namun dengan kecanggihan teknologi di era sekarang, pemustaka tetap bisa mengakses referensi yang ada di Perpustakaan Pusat UB Malang termasuk akses E-Journal dan E-Book yang dilanggan UB Malang. Terlebih lagi, ruang baca PSDKU UB Kediri menjembatani pemustaka untuk meminjam buku-buku secara kolektif di Perpustakaan Pusat UB Malang apabila koleksi tersebut tidak tersedia, dan Ruang Baca PSDKU UB Kediri sudah terintegrasi dengan Perpustakaan Pusat UB dengan menggunakan software Inslislite, sehingga untuk menyediaan data koleksi maupun penunjung sudah dapat diketahui. Kondisi ruangan yang cukup luas, bersih, rapi, suhu udara di dalam ruangan yang sejuk dingin, dan didukung dengan pencahayaan yang terang, serta suasana yang tenang, diharapkan membuat pemustaka merasa betah dan nyaman. Ruang baca PSDKU UB Kediri juga mengadakan event Pemustaka of the Month setiap bulannya untuk pemustaka yang terpilih akan mendapatkan hadiah, dimana kegiatan tersebut akan dipilih pemustaka atau pengunjung yang paling sering datang ke ruang baca PSDKU UB Kediri sesuai dengan data yang kami miliki.

So, tunggu apa lagi, datang dan nikmati layanan Ruang Baca PSKDU UB Kediri. Visit and surfing your references with us!

 

By: Siti Naharlina, A.Md., S.Pd

Do you need help ? Chat with our librarian
%d bloggers like this: