Mau Jadi Apa Sih Lulusan Ilmu Perpustakaan?

 

Ilmu Perpustakaan adalah jurusan yang mempelajari cara mengumpulkan, menganalisis, mengolah, mengelola, dan mengomunikasikan informasi dari berbagai media, seperti dokumen, buku,  ataupun digital. Tidak hanya itu, Ilmu Perpustakaan melibatkan banyak keahlian di bidang informasi teknologi, manajemen, dan pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan dan menyimpan data. Berdasarkan pengertian tersebut, maka lulusan Jurusan Ilmu Perpustakaan memiliki peranan untuk mengumupulkan informasi kemudian menganalisisnya untuk mengetahui asal-usul suatu informasi, mengidentifikasi kata kunci, bahkan mencari tahu kemungkinan adanya plagiarisme. Pada dasarnya lulusan Ilmu Perpustakaan dibekali dasar-dasar teknologi dan sistem informasi, jadi jurusan ini sudah tidak menggunakan cara kuno lagi. Seiring perkembangan zaman, urusan yang berkaitan tentang mengolah, mengelola, dan mengomunikasikan informasi sudah menggunakan teknologi yang modern.

Jika kamu tertarik terhadap penyimpanan data dan ingin berkarir di bidang kepustakaan dan pengarsipan, jurusan ini mungkin akan menarik untuk kamu. Hal dasar jika ingin menekuni bidang ini, sebaiknya memiliki kemampuan di bidang informasi teknologi. Tidak hanya itu, jurusan ini juga dibutuhkan ketelitian dan kerapian dalam mengelola data. Jurusan Ilmu Perpustakaan juga akan mengajarkan etika kepustakaan. Jurusan ini akan menjadikan kita sebagai seseorang yang berkompeten dan membekali kita dengan keterampilan mengelola, mengorganisir sumber-sumber informasi, dan melakukan pelayanan prima sesuai dengan perkembangan teknologi. Selain itu, bidang ini juga akan mendorong kamu untuk mengaplikasikan kepemimpinan dan manajemen pada lembaga informasi modern.

Para lulusan jurusan Ilmu Perpustakaan bekerja sebagai pustakawan di perpustakaan negeri, swasta maupun institusi. Mereka akan mengelola, merapikan dan mengevaluasi data dan literatur. Selain itu, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di museum dan gedung pengarsipan data. Disini, mereka akan mengumpulkan, mengkategorikan dan meyuguhkan data-data bagi pengunjung museum, ataupun bagi yang membutuhkan. Pada umumnya lulusan dari jurusan ini mempunyai kemampuan analisa dan bisa menggunakan teknologi informasi dengan baik, karena itu mereka juga bisa diterima bekerja di bidang Informasi Teknologi, Finansial maupun Penganalisa Data. Selain yang disebutkan diatas ada beberapa prospek kerja terkait lulusan ilmu perpustakaan:

  1. Staff Administrasi
  2. Akademisi
  3. Ahli Dokumen
  4. Data Scientist
  5. System Analyst
  6. Arsiparis

Banyak universitas di Indonesia yang memiliki jurusan Ilmu Perpustakaan. Meskipun banyak universitas yang memiliki jurusan Ilmu Perpustakaan, peminat jurusan ini, masih sangat sedikit. Contohnya pada SBMPTN tahun 2020, peminat Jurusan Ilmu Perpustakaan di Universitas Sumatera Utara (USU) hanya berjumlah 573 dengan daya tampung 45 dan peminat Jurusan Perpustakaan dan Informasi Universitas Pendidikan (UPI) berjumlah 271 dengan daya tampung 18. Padahal prospek kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan bisa dibilang sangat menjanjikan.

 

 

 

Referensi

Tri Janarti, Segala hal tentang jurusan Ilmu Perpustakaan,

https://www.brainacademy.id/blog/jurusan-ilmu-perpustakaan#:~:text=Jurusan%20Ilmu%20Perpustakaan%20adalah%20jurusan,dokumen%2C%20buku%2C%20ataupun%20digital..

Rencanamu, Ilmu Perpustakaan.

https://rencanamu.id/cari-jurusan/pendidikan/ilmu-perpustakaan#:~:text=Para%20lulusan%20jurusan%20Ilmu%20Perpustakaan,museum%20dan%20gedung%20pengarsipan%20data..