Sejarah Internet di Indonesia

Internet pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1983 oleh PT. INDOSAT sebagai salah satu layanan telekomunikasi. Tahukah Sobat Pustaka bahwa pada awalnya internet hanya dapat diakses oleh kalangan akademisi dan instansi pemerintah saja.

 

Pada tahun 1994, Universitas Indonesia menjadi penyedia konten internet pertama di Indonesia dengan memperkenalkan situs web UI-Vision. Kemudian, pada tahun 1996, PT. Telkom memulai layanan internet dial-up untuk masyarakat umum dengan merek TelkomNet.

Pada tahun 1997, pemerintah Indonesia membentuk Badan Pengelola Internet Indonesia (BPPTI) untuk mengatur penggunaan internet di Indonesia. BPPTI kemudian menjadi Pusat Informasi Teknologi dan Informatika (Pusintek) pada tahun 2000.

 

Sejak saat itu, internet di Indonesia semakin berkembang dan semakin banyak orang yang dapat mengaksesnya. Pada tahun 2017, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai lebih dari 143 juta orang.

Bagaimanapun, perkembangan internet di Indonesia juga diwarnai oleh beberapa kendala, seperti infrastruktur yang belum memadai dan kesulitan dalam mengakses konten-konten yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya Indonesia.

 

Nah, kalau sekarang internet sudah menjadi kebutuhan pokok kaum milenial nih, kalo Sobat Pustaka sendiri, bisa bertahan berapa lama nih tanpa internet??? Pasti borring nih ya